Thursday 7 June 2018

Pengertian MAC Address, Fungsi Dan Cara Kerjanya Lengkap


Pengertian MAC Address
Mac Address atau Media Access Control Address adalah sebuah alamat jaringan yang berada pada lapisan data link layer pada lapisan model OSI. Alamat ini berisi kode unik yang diberikan untuk tiap bagian dari perangkat keras jaringan komputer yang terhubung pada jaringan internet. Mac Address biasanya terletak pada perangkat seperti LAN Card, Router, Wireless Card dan perangkat lain yang menjadi bisa terhubung dengan jaringan internet.
Dalam sebuah komputer Mac Address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (biasanya terletak pada LAN Card atau NIC Card dan wireless network Card. Mac Address sendiri memiliki panjang 48 bit yang diberikan secara unik pada perangkat keras jaringan sehingga masing-masing perangkat jaringan memiliki Mac Address yang tidak mungkin sama dengan perangkat yang lain. MAC terdiri atas 12 digit bilangan heksadesimal (0 s/d F), 6 digit pertama merepresentasikan vendor pembuat kartu jaringan.

Contoh Mac Address: 40-52-9F-6E-D7-88

Fungsi MAC Address
Mac Address berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat keras jaringan komputer sehingga perangkat bisa berkomunikasi. Karena keunikan Mac Address tersebut maka jaringan komputer dapat diidentifikasi siapa yang mengakses sebuah jaringan.

Cara Kerja MAC Address
MAC Address mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan supaya bisa berkomunikasi antara satu dengan perangkat lainnya. Kita ambil contoh, dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC address dari komputer tujuan (destination).

Beberapa perangkat, seperti bridge dan switch Layer-2 akan melihat pada informasi MAC address dari komputer sumber (Source) dari setiap frame yang ia terima selanjutnya menggunakan informasi MAC address tersebut untuk membuat "tabel routing" internal secara dinamis.

Perangkat-perangkat tersebut juga kemudian menggunakan tabel yang baru dibuat tersebut untuk meneruskan frame yang ia terima ke sebuah port atau segmen jaringan tertentu di mana komputer atau node yang memiliki MAC address tujuan berada.

Pengalamatan MAC Address


Dalam perangkat komputer, MAC address ditetapkan ke satu buah kartu jaringan (network interface card/NIC) yang digunakan untuk menghubungkan komputer tersebut ke jaringan. MAC Address biasanya tidak dapat diubah karena telah dimasukkan ke dalam ROM.

Namun, ada juga kartu jaringan menyediakan utilitas yang mengizinkan anda untuk mengganti MAC address, meskipun mengganti MAC Address kurang disarankan. Apabila dalam sebuah jaringan terdapat dua nertwork card yang memiliki MAC address yang sama, ini akan mengakibatkan terjadinya konflik alamat, sehingga komputer tidak dapat saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya.
Beberapa kartu jaringan, seperti halnya kartu Token Ring mengharuskan pengguna untuk mengatur MAC address (tidak dimasukkan ke dalam ROM), sebelum dapat digunakan.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu MAC Address bisa lihat video dibawah ini:



Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_MAC
http://www.belajarkuh.com/2016/12/pengertian-dan-fungsi-mac-address-pada.html
http://www.teorikomputer.com/2016/11/pengertian-dan-fungsi-mac-address-pada.html
http://www.kangmuizz.com/2017/08/pengertian-mac-address-dan-fungsinya.html

1 komentar so far

Akhir2 ini ada perangkat misterius bang yg nyusup hack admin router wifi rumah sy, berarti dg kita block pake mac address pencuri wifi tsb. bisa ya bg?

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Terima Kasih.

EmoticonEmoticon