Monday 4 June 2018

Pengertian Domain, Fungsi Dan Contohnya Lengkap


Pengertian Domain

Domain menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dapat berarti, wilayah, daerah, dan ranah. Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.


Komponen Domain Name System (DNS)
(Apa pengertian ahli) Berdasarkan buku pengantar jaringan komputer, ada 3 bagian yang mendukung kinerja Domain name system yaitu:
  1. Domain Name system resolvel, adalah sebuah program DNS client yang dijalankan pada komputer user dan menghasilkan DNS request program aplikasi yang berfungsi untuk menjawab pertanyaan program aplikasi tentang domain
  2. Recursive Domain name system server, yang akan melanjutkan pencarian Domain name system melalui respons (balasan) query dari resolver dan mengembalikan jawaban ke resolver
  3. Authoritative Domain Name System Server, adalah bagian yang mengeksekusi jawaban jawaban keluar ke query dari recursor, pada tiap-tiap bagian jawaban atau bagian dari penunjukan atau penyerahan 

Domain Name system Server ada 3 jenis yaitu:
  1. Cache, jenis ini tidak memiliki data nama nama host dari domain tertentu. Hanya mencari jawaban dari beberapa domain name system server dan menyimpan hasil di dalam cache-nya untuk keperluan mendatang
  2. Primary (master) adalah dns server yang menyimpan list lengkap dari sebuah domain yang dikelola. Contohnya server blogger.com mempunyai otoritas penuh atas domain : http://www.apapengertianahli.com/
  3. Secondary (slave) adalah cadangan dari primary server apabila server utama crash atau untuk mempermudah pendelegasiannya. Server sekunder juga menampung list lengkap dari sebuah domain, sama seperti primary domain server
(Apa pengertian ahli) Jadi dapat disimpulkan secara abal abal bahwa domain name adalah sebuah sistem penamaan alamat internet yang bersifat manusiawi. Hal ini karena alamat IP berupa angka angka yang sulit dihapal seperti 212.53.64.01. Adanya domain name membuat penamaan alamat internet protokol menjadi mudah dan gampang diingat. Misalnya www.Kompas.com atau www.yahoo.com. Domain name boleh dikatakan sebagai alamat rumah virtual seseorang di internet.


Dalam SEO terdapat beberapa istilah yang berhubungan langsung dengan domain diantaranya:

Root Domain adalah top level hierarchy sebuah domain atau bisa juga disebut domain “akar” yang kita beli dari registrar.
Contoh root domain:
  • .blogspot.com
  • .fakhrikmt.com

Subdomain adalah “third level” sebuah nama domain yang merupakan bagian dari top-level domain yang lebih besar.
Contoh subdomain:
  • http://fakhrikmt.blogspot.com adalah subdomain dari root domain .blogspot.com
  • http://story.fakhrikmt.com adalah subdomain dari root domain .fakhrikmt.com
Dua pilihan subdomain yang paling umum adalah:
  • http://www.fakhrikmt.com (www adalah subdomain)
  • http://fakhrikmt.com (tanpa sebuah subdomain)

Top-Level Domain (TLD) contohnya seperti .com adalah extensions yang terkait dengan nama sebuah domain.
Extension meaning:
  • .com  = commercial organization 
  • .edu  = educational institution 
  • .net  = network provider 
  • .biz  = Business 
  • .org  = organization 
  • .info = Information

Exact match domain (EMD) bisa diartikan bahwa kata kunci yang kita bidik persis sama dengan domain.
Contoh:
  • Keyword: modif motor terbaru 
  • Domain: http://modifmotorterbaru.com
Beberapa waktu yang lalu Exact match domain dipandang sangat powerful untuk SEO, tetapi setelah EMD update, banyak web EMD kehilangan traffic. Tetapi sampai saat ini EMD masih berpengaruh bagus untuk SEO.

Keyword on Domain (KOD) yaitu kata kunci berada pada domain.
Branded Domain adalah domain yang beridiri sendiri, keunikan tersendiri dan bisa jadi merupakan brand anda.
Contoh:
  • Keyword: modif motor 
  • Domain: http://modifkangderi.com
Salah satu kelebihan Branded Domain adalah untuk membangun brand anda.

Domain yang bagus untuk SEO:
  1. Domain mudah di ingat, mudah untuk ditulis/diketik, dan tidak terlalu panjang.
  2. Panjang Domain kurang dari 15 karakter
  3. Menggunakan Top Level Domain (TLD) contoh: .com, .net, .org.
  4. Keyword-rich domains; Dalam meregister sebuah domain hendaknya diperhatikan tentang aspek brand dan keyword itu sendiri. Hal ini karena domain termasuk salah satu factor search engine dalam menentukan peringkat.Selain itu memiliki domain yang masih relevant dengan keyword sangat bermanfaat untuk SEO. Sebagai contoh; Ketika kita mengoptimasi dengan naked URL maka URL tersebut masih relevant dengan keyword yang kita bidik. Memiliki kata kunci dalam nama domain dapat memiliki dampak positif terhadap peringkat di search engine.
Terdapat berbagai macam jenis domain, masing-masing domain tersebut memiliki makna khusus yang berkaitan dengan jenis website yang akan anda tuju, berikut ini beberapa contoh dari domain:

1. Domain.com
Domain .com merupakan top level domain pada Domain Name System. Nama .com diambil dari kata commercial, yang awalnya ditujukan untuk organisasi komersial, namun kemudian dibuka untuk tujuan umum. Contohnya ialah google.com, youtube.com, facebook.com dan masih banyak lagi.

2. Domain.net
Domain .net juga merupakan generic top level domain pada Domain Name System. Nama .net diambil dari kata network, yang awalnya ditujukan untuk organisasi yang bergelut dalam teknologi jaringan seperti penyedia layanan internet dan perusahaan infrastruktur lainnya. Namun kemudian batasan tersebut tidak dipatuhi sehingga penggunaan domain .net menjadi terbuka untuk tujuan umum dan menjadi alternatif lain sebagai pengganti domain .com. Contohnya telkom.net, flagpedia.net, asp.net dan masih banyak lagi.

3. Domain.org
Domain .org juga merupakan generic top level domain pada Domain Name System. Nama .org diambil dari kata organization, yang awalnya ditujukan untuk organisasi yang bersifat non-profit. Namun kemudian batasan tersebut tidak diberlakukan dan telah dihapus, sehingga domain ini dapat digunakan secara umum, biasanya digunakan oleh sekolah, poyek yang bersifat opensource, komunitas dan juga dapat digunakan untuk hal yang berprofit. Contohnya wikipedia.org, opensource.org, sgiaedu.org dan masih banyak lagi.

Untuk penjelasannya tentang domain bisa lihat video di bawah ini :




Referensi :
http://www.kaiamedia.com/pengertian-domain
http://hariannetral.com/2014/10/pengertian-domain-dan-fungsi-domain.html

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Terima Kasih.

EmoticonEmoticon