Sunday 1 January 2017

9 Ide Usaha Yang Menjanjikan

Tags


Tak dimungkiri lagi setiap orang pasti ingin menjadi bos, membangun usaha sendiri, memiliki karyawan, dan sebagainya. Namun jalan untuk menuju kesuksesan memang tidaklah mudah, ketika membuka usaha atau sebuah bisnis kecil maka kamu akan menghadapi proses yang cukup rumit dan membuatmu pusing.

Dan juga semakin lama pola pikir masyarakat untuk menciptakan suatu peluang bisnis makin berkembang saja. Hal itu karena sesuatu yang unik dan berbeda akan mudah untuk diingat oleh para pelanggan. Begitu pula dengan ide usaha yang kreatif ini yang mulai hangat diperbincangan oleh para pebisnis muda atau yang baru ingin memulai karirnya. 


Sebenarnya banyak sekali masukan yang dapat diperoleh dengan mudah di internet. Anda bisa mempelajarinya dengan saksama dan mulailah memodifikasi sesuai dengan keinginan dan kesediaan modal.

Nah, buat kamu yang ingin mulai membuka usaha, maka ada beberapa ide bisnis yang mungkin dapat kamu coba dan akan mengantarkanmu pada kesuksesan. Di bawah ini beberapa ide bisnis kecil.

1. Media Sosial dan SEO Management


Kebanyakan usaha kecil saat ini memanfaatkan media online untuk melakukan sebuah pemasaran, sehingga tak heran jika saat ini digital marketing support sangat dibutuhkan. Kelengkapan tim, seperti adanya content writer, designer, visualizers, creative directors, dan marketing domain experts tentunya akan membuat bisnismu menjadi lebih bagus.

2. Kafe


Menjamurnya kafe atau tempat nongkrong serupa ternyata masih diminati. Tak hanya ramai saat weekend atau hari libur tiba, setiap hari pasti ada saja pelanggan yang datang. Apalagi jika kamu mengemas kafe mu layak untuk dijadikan tempat buat meeting, pasti pelanggan akan semakin banyak.

3. E – Commerce Online Shop


Pengguna internet yang semakin melambung tentu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Anda bisa menjadikannya suatu kesempatan untuk membuka usaha. Anda dapat mulai menekuni e – commerce. Agar memiliki konsumen banyak, tentu sangat diperlukan suatu brand terlebih dahulu. Jika sudah mendapatkan kepercayaan dari pengguna, maka untuk menuju kesuksesan semakin dekat.

Anda bisa menjual berbagai macam barang dan jasa. Pilihlah kualitas yang bermutu supaya pembeli tidak kapok untuk berbelanja. Sistem free ongkos kirim juga dapat diterapkan untuk menarik simpati. Proses pembayaran dapat menggunakan sistem Cash On Delivery (COD).

4. Usaha waralaba – Franchise


Ingin memulai usaha namun terkendala dengan kurangnya ide serta belum memiliki pengalaman, atau merasa kurang yakin untuk merintisnya sendiri, maka memilih jenis bisnis waralaba bisa menjadi solusinya.
Bisa dikatakan paling cocok untuk seorang pemula karena menjalankan model bisnis waralaba ini mereka akan dibantu oleh pemilik waralaba (pemegang merek) mulai dari training hingga pada tahap prosesnya.

Sebagai seorang pemula tidak akan dipusingkan dengan konsep bisnis yang akan dijalani, mereka hanya tinggal menjalankan sesuai kamampuan modalnya dengan tetap bernaung dibawah nama merek perusahaan waralaba yang dipilih atau di ikutinya.

5. Industri kreatif


Membahas tentang ide bisnis kreatif tentunya sangat membutuhkan keahlian serta daya kreatifitas yang tinggi dari tangan tangan terampil untuk menghasilkan sebuah produk yang bernilai jual. Munculnya ide untuk memulai atau menekuni bisnis kreatif bisa bermula dari bakat atau bahkan dari yang semula hanya merupakan hobi saja. 

Dan ini adalah sebuah terobosan peluang usaha yang cukup layak untuk dipertimbangkan karena ada pernyataan bahwa pekerjaan paling menyenangkan adalah hoby yang dibayar.

6. Usaha di bidang jasa


Lagi lagi menyikapi tentang pertumbuhan masyarakat yang kian pesat serta dengan aneka kesibukannya, maka dengan hal ini dapat menumbuhkan beragam peluang usaha baru diantaranya adalah bidang jasa.
Bisnis jasa cenderung akan semakin banyak dibutuhkan oleh masyarakat untuk memudahkan berbagai aktifitasnya.

7. Bisnis Tour & Travel


Bisnis tour & travel merupakan usaha jenis lama yang mampu mempertahankan potensinya sebagai peluang usaha yang masih tetap menjanjikan. Potensi bisnis tour & travel bahkan dipandang akan semakin baik dari tahun ketahun. Ini dikarenakan teknologi transportasi dan komunikasi yang juga akan terus berkembang.

Globalisasi juga mengambil bagian dalam alasan bisnis tour & travel memiliki potensi akan terus berkembang. Yang juga menjadi tambahan alasan adalah karena bisnis pariwisata Indonesia yang terus mengalami perkembangan. Ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya minat turis asing untuk datang ke Indonesia.
Kemunculan bisnis tour & travel berbasis online menjadikan bisnis jenis ini semakin memiliki potensi yang luas. 

Tidak hanya turis nasional, turis asing juga menjadi target pasaran bisnis tour & travel berbasis online. Yang perlu anda waspadai dalam bisnis ini adalah banyaknya pesaing yang akan anda temui.
Namun, asalkan anda menguasai strategi komunikasi konsumen dan strategi marketing produk jasa dengan baik, anda dijamin akan mampu bersaing dengan pendahulu anda.

8. Bisnis Property


Bisnis property merupakan bisnis dengan jenis produk yang beraneka ragam. Beberapa diantara produk usaha properti adalah perabot rumah, hiasan rumah, rumah, tanah dan berbagai hal berkaitan dengan itu. Bisnis properti sendiri juga merupakan bisnis lama yang mampu bertahan hingga saat ini. Khususnya bisnis property akan terus berkembang dan tetap menjanjikan. 

Sama seperti bisnis tour & travel, bisnis properti memiliki kecenderungan potensi yang akan terus bertambah. Namun, bisnis properti berbeda dengan bisnis tour & travel yang sangat lues karena menawarkan jasa. Produk hasil usaha properti merupakan barang. Karenanya, terdapat kendala dalam hal pengiriman dan transportasi untuk memiliki cakupan pasar yang luas.

Jika pengusaha properti tidak memanfaatkan strategi pemasaran online dan pengiriman jarak jauh, pasaran bisnis properti akan menjadi terbatas secara regional. Namun, jika pengusaha properti memanfaatkan strategi pemasaran online dan pengiriman jarak jauh, pasaran bisnis properti akan meluas mencakup pasaran nasional, bahkan internasional.

9. Usaha Sablon Kaos

Trend akan kaos sablon dengan desain unik merupakan peluang yang bagus untuk dilirik. Usaha sablon kaos bisa dimulai dengan modal usaha sekitar 15 juta sampai 20 jutaan. Itu hanya modal untuk membeli peralatan saja, seperti mesin sablon digital, tinta, computer, kaos yang akan di sablon dan kebutuhan lainnya. Tidak termasuk sewa toko.

Modal usaha 15 juta sampai 20 juta ini tidak terlalu besar dan boleh di bilang masih terbilang kecil, jika dibandingkan dengan keuntungan yang kita dapatkan.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa menjalankan usaha ini dirumah saja, tidak harus menyewa toko. Apalagi jika Anda bisa memasarkan produk tersebut melalui internet, seperti membuat toko online. Hal tersebut juga bisa menghemat biaya.


Itulah artikel tentang 9 ide usaha yang menjanjikan semoga artikel ini membantu anda dalam memilih ide usaha, sekian dan terima kasih telah berkunjung di Blog Fakhri. 

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Terima Kasih.

EmoticonEmoticon