Sunday 1 January 2017

40 Fakta Unik Tentang Google Yang Jarang Diketahui Orang


Siapa sih yang enggak tau Google? Nyaris semua orang di dunia yang semakin modern ini pernah menggunakan salah satu produk dari perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini. Mulai dari mesin pencari, sistem operasi Android, hingga layanan peta digital Maps.

Google adalah sebuah perusahaan sekaligus brand di internet ternama di dunia. Sejak didirikan pada tanggal 04 September 1998 lalu, sampai sekarang, Google tercatat sebagai salah satu perusahaan dengan penghasilan tahunan terbesar di dunia. Tentunya, dari berdiri sampai sekarang ini, ada banyak sekali fakta-fakta menarik yang mengiringi tumbuh dan berkembangnya Google menjadi sebuah perusahaan besar.


Okeh dari pada panjang lebar mari kita langsung masuk pada fakta-fakta unik tentang google berikut ini.


1. Banyak orang tidak tahu bahwa Google bukan nama pertama yang digunakan mesin pencari paling populer di dunia itu. Pada mulanya Google dinamai "BackRub", mengacu pada sistem yang menggunakan backlink untuk menilai seberapa penting sebuah situs. Sistem ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1996 saat Larry Page dan Sergey Brin masih menjadi mahasiswa di Universitas Stanford.



2. Pada tahun 1999, para pendiri Google mencoba menjual mesin pencari tersebut kepada Excite (sekarang menjadi Ask.com) dengan harga hanya US $ 1 juta. Bahkan kemudian turun menjadi US $ 750.000, namun Excite menolaknya.

3. Hanya membutuhkan waktu 3 bulan saja, Google masuk sebagai 100 website baru yang diperhitungkan di dunia.


4. Kantor pertama Google merupakan sebuah garasi yang terletak di California, AS. Garasi tersebut merupakan garasi rumah milik Susan Wojcicki yang sekarang menjadi CEO YouTube. Saat itu Larry Page dan Sergey Brin baru berusia 24 tahun. Dan sekarang kantor Google terletak di Mountain View, California, AS.


5. Jika Anda melakukan pencarian kata “Askew “di Google, konten akan miring sedikit ke kanan.


6. Di tahun 2007, Forbes menobatkan Google sebagai tempat untuk untuk kerja terbaik di seluruh Amerika Serikat.

7. Siapa sangka bahwa pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin bertemu secara tidak sengaja. Pada tahun 1995, Larry Page yang sedang menikmati liburannya secara tidak sengaja bertemu Sergey Brin yang bertugas sebagai tour guide-nya. Dalam pertemuan tersebut mereka banyak mendiskusikan banyak hal yang akhirnya menjadi awal berdirinya Google.

8. Google telah menemukan IPK dan nilai ujian "tidak berguna sebagai kriteria kerja", Mereka memiliki tim yang 14% karyawannya tidak kuliah di perguruan tinggi.

9. Tidak seperti perusahaan-perusahaan lainnya, Google baru membuka Initial Public Offering pertamanya adalah tanggal 19 Agustus 2004, padahal perusahaan ini didirikan pada tanggal 04 September 1998.


10. Google merupakan nama yang ditemukan secara tidak sengaja. Nama tersebut ditemukan saat mereka mendengar dua anak yaitu Milton Sirotta dan Edwin Sirotta mengucapkan kata "Googol" yang merupakan nama sebuah perhitungan Matematika angka satu yang diikuti dengan 100 angka 0.

11. Google Doodle pertama didedikasikan untuk festival The Burning Man yang pernah dihadiri oleh pendiri Google pada tahun 1998. Setelah itu google doodle rutin berganti. Google doodle kedua adalah google beta, dan seterusnya hingga saat ini sudah mencapati sekitar 2000 google doodle. Kepala google doodle adalah Dennis Hwang. Google menerima masukan desain untuk google doodle melalui email: proposals@google.com. 

12. Alamat pertama Google di internet adalah Google.stanford.edu.


13. Kekayaan dua pendiri Google ini bisa dibilang fantastis. Larry Page tercatat memiliki kekayaan sebesarUS$38,8 miliar atau setara dengan Rp 541 triliun dan Sergey Brin memiliki kekayaan sebesar US$37,5 miliar atau setara Rp 523 triliun. Dan saat ini mereka memegang 16% saham dari Google.

14. Ketika seorang karyawan Google meninggal, pasangan mereka menerima setengah gaji dari perusahaan selama 10 tahun dan anak-anak mereka US $ 1.000 per bulan sampai mereka melewati usia 19 tahun.

15. Hampir semua karyawan di Google disebut dengan nama Googler, sedangkan untuk para karyawan baru dengan sebutan Noogler.

16. Google berniat untuk memindai pengetahuan dari sekitar 129 juta buku yang unik sebelum 2020.

17. Versi awal Google dikembangkan di Stanford dan hanya dapat menganalisis 30 sampai 50 halaman saja dalam satu detik. Namun sekarang meningkat untuk dapat menganalisis jutaan halaman per detik.

18. Google menyewa unta untuk menciptakan Street View di gurun pasir.


19. Nama Google diambil dari kata Googol yang pernah diucapkan oleh 2 orang anak perempuan bernama Milton Sirotta dan Edwin Sirotta ketika mereka sedang bermain-main.

20. Microsoft berani membayar Anda agar menggunakan Bing bukan Google sebagai mesin pencari.

21. Berdasarkan Alexa, Google merupakan website paling sering digunakan di seluruh dunia.

22. Tombol "Aku merasa beruntung" (im feeling lucky) membuat Google harus rela kehilangan sekitar US $ 110 juta per tahun, karena bebas dari semua iklan.


23. Untuk masalah hitungan pemakaian permenitnya, Google masih kalah dengan Facebook.

24. Google menghasilkan US $ 20 miliar per tahun dari iklan, dan itu artinya lebih dari pendapatan gabungan primetime CBS, NBC, ABC, dan FOX.

25. Tweet pertama Google yang pernah ada adalah "I'm Feeling Lucky" yang ditulis dalam kode biner.


26. Di bulan Juni 2006, kata Google menjadi kata paling sering digunakan di Word 2002 dan pada bulan Juni 2006, kata Google telah ditambahkan dalam Oxford English Dictionary (OED).

27. Ketika melakukan pencarian dengan kata kunci “Do a Barrel Roll” di (tanpa tanda kutip), tampilan halaman hasil pencarian akan berputar.


28. Untuk mendirikan perusahaan, Larry Page dan Sergey Brin harus pontang-panting untuk mencari pinjaman uang agar dapat merealisasikan impian mereka tersebut.

29. Tempat penyimpanan disk drive pertama sebagai server Google terbuat dari LEGO. Rak tersebut berisi 4 disk drive dengan kapasitas masing-masing 10 Gb.


30. Google memiliki server lebih dari 450 ribu dan tersebar hampir di setiap negara di dunia.

31. Pada tanggal 16 Agustus 2013, Google down selama 5 menit dan pada waktu itu lalu lintas Internet global menurun 40%.

32. Larry Page dan Sergey Brin dulunya tidak akur, namun dikarenakan memiliki persamaan visi, akhirnya mereka bekerja sama membuat satu perusahaan yang sekarang menjadi raksasa.

33. Google Maps menghitung lalu lintas dengan cara melacak seberapa cepat perangkat Android bergerak di jalanan.

34. Ketika melakukan pencarian dengan kata kunci “Zerg rush” di Google (tanpa tanda kutip), hasil pencarian akan menunjukkan aksi beberapa karakter angka nol yang menghapus hasil pencarian. 


35. Kompitisi hacker Tahunan pertama (2011) yang diselenggarakan Facebook, "Facebook Hacker Cup" dimenangkan oleh Petr Mitrichev,  seorang programmer yang bekerja di Google. Dia muncul di kantor pusat Facebook dengan mengenakan lencana karyawan Google.


36. Google memiliki banyak domain untuk menutupi kesalahan ketik seperti: Gooogle, Gogle, Googel, dan bahkan 466453.

37. Database awal Google hanya sebesar 28GB saja.

38. Logo Google Belum Ditengahkan Sebelum 2001

39. Pada bulan Agustus 2015, google resmi berada di bawah perusahaan bernama Alphabet Inc.  yang dipimpin oleh pendidi google sendiri, Larry Page.

40. Hanya membutuhkan waktu 3 bulan saja, Google masuk sebagai 100 website baru yang diperhitungkan di dunia.

Itulah 40 fakta unik tentang google yang jarang diketahui orang semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda, sekian dan terima kasih telah berkunjung di Blog Fakhri.

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Terima Kasih.

EmoticonEmoticon