Tuesday 3 January 2017

10 Kebiasaan Orang Sukses Yang Wajib Kamu Tiru

Tags


Meraih kesuksesan tidak seperti membalikkan telapak tangan. Agar seseorang bisa sukses, ia harus melewati berbagai tantangan dan proses yang tidak sebentar. Tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dengan mudah. Kedisiplinan dan kebiasaan memiliki peranan penting dalam menentukan kesuksesan seseorang. Bahkan mulai dari kebiasaan terkecil yang seringkali diabaikan orang. Setiap usaha kita, sekecil apapun itu memberikan dampak pada tingkat kesuksesanmu.


Orang-orang sukses saja ternyata punya kebiasaan-kebiasaan yang selalu mereka lakukan. Dengan hal-hal kecil saja, mereka bisa menjaga kesuksesan mereka. Dan kita semua bisa langsung ikut menirunya lho.

So, kalau kamu ingin sesukses Steve Jobs, Larry Page, atau Tim Ferris, yuk kita awali dengan mengikuti kebiasaan-kebiasan sederhana orang-orang sukses tersebut. Let’s start now!

1. Bangun 3 Jam Sebelum Jam Kerja


Saat hari masih sangat pagi, orang sukses sudah bangun dan mulai bersiap-siap untuk menyambut hari baru. Berdasarkan penelitian, 44% orang sukses bangun 3 jam sebelum jam kerja dimulai. Hal ini dilakukan agar mereka dapat memiliki cukup waktu untuk bersiap-siap dan menenangkan diri sehingga dapat memulai kerja dengan kondisi yang tenang. Selain itu dengan bangun lebih pagi, kesempatan yang bisa mereka dapatkan lebih banyak karena waktunya juga lebih banyak.

Kebiasaan ini sangat harus kamu tiru jika kamu ingin sukses. Dengan bangun pagi, kamu akan menikmati banyak keuntungan. Kamu jadi tidak terburu-buru untuk bersiap-siap dan perjalanan ke kantor bisa dilakukan dengan santai. Lalu kamu juga bisa memperluas wawasanmu dengan memakai waktu tersebut untuk membaca berita. Ayo semangat bangun pagi!

2. Berikan 1 Jam Untuk Memotivasi Diri Sendiri


“Motivasi tidak bertahan selamanya. Karena itu, penting bagi seseorang untuk memperbaharui motivasinya setiap pagi”

Bahkan seorang motivator sekelas Robbins pun mengakui bahwa manusia sangat rentan untuk melupakan motivasi yang pernah ia terima. Karena sadar akan hal inilah Robbins selalu meluangkan waktu 1 jam di awal harinya untuk memotivasi dirinya sendiri. Ia akan mengulang afirmasi positif yang ia berikan ke dirinya, kemudian mencernanya kembali.

Cara ini ampuh untuk dilakukan, sebab dengan meluangkan waktu untuk memperbaharui afirmasi positif maka semangatmu pun akan diperbaharui secara otomatis.

3. Fokuslah Untuk Menjadi Produktif Bukan Sibuk


Wah, apa bedanya? Jadi gini, bedanya kalau kamu produktif, maka kamu bisa menyelesaikan semua pekerjaan secara efektif dan efisien. Dan kamu juga nggak bakal buang banyak waktu. Sementara kalau sibuk, kamu serasa ngerjain banyak pekerjaan tapi rasanya waktunya yang nggak cukup-cukup.

“Slow down and remember this: Most things make no difference. Being busy is often a form of mental laziness – lazy thinking and indiscriminate action.” – Tim Ferris

Tim Ferris, penulis The 4-Hour Workweek, punya saran yang begitu bagus. Sibuk bukan berarti melakukan semua hal sekaligus, sampai-sampai nggak ada waktu untuk istirahat atau ambil jeda. Justru kita harus memaksimalkan waktu yang ada dengan lebih bijak. Membua prioritas yang  bagus. Dan berhenti melakukan hal-hal yang kurang penting.

4. Memiliki Target Harian


Orang yang sukses tidak memikirkan berapa lama ia harus bekerja hari ini, atau memikirkan kapan liburan tiba. Setiap harinya, sebelum hari dimulai, orang sukses sudah banyak berpikir tentang bagaimana cara membuat harinya produktif atau bagaimana cara menyelesaikan semua pekerjaan yang menantinya hari ini. Semua hal yang harus dilakukannya hari ini sudah diatur dengan jelas pada hari sebelumnya, jadi mereka tinggal menyesuaikan saja.

Membuat target harian harus kamu lakukan supaya kamu jadi termotivasi untuk bekerja. Karena dengan memiliki target yang jelas, maka pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu dan tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk mengatur apa tujuanmu hari ini.


5. Manfaatkan Pagimu Untuk Menanyakan Satu Hal Terpenting


“Jika hari ini adalah hari terakhirmu di dunia, akankah kamu melakukan hal yang sama seperti yang kamu lakoni hari ini?”

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang bisa menantang dirimu untuk melakukan sebuah refleksi. Dengan mengajukan pertanyaan ini pada diri sendiri, kamu akan berpikir mengenai faedah dari rutinitas yang telah kamu lakoni selama ini. Pertanyaan ini juga bisa membuatmu bersemangat untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat di hari tersebut.

6. Fokus Pada Peningkatan Yang Konsisten


Bayangin deh, ibaratnya kita nggak akan bisa makan satu ekor gajah sekaligus. Kita harus memakannya segigit demi segigit, sepotong demi sepotong. Semua yang besar pasti dimulai dari hal-hal kecil.

“Nothing is particularly hard if you divide it into small pieces.” – Henry Ford

Setiap harinya kita harus konsisten melakukan pekerjaan kita. Meskipun kebiasaan itu adalah hal yang kecil sekalipun. Kalau sudah konsisten, maka nanti hasilnya akan terlihat besar dalam beberapa waktu ke depannya.

7. Tidak Pernah Berhenti Belajar


Ciri-ciri orang yang paling terlihat adalah keinginannya untuk selalu belajar. Belajar disini tidak dalam bentuk sekolah, tetapi proses pembelajaran bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan dari siapa saja. Hal baru selalu tersedia di segala tempat, itulah yang mendorong orang sukses untuk terus belajar.

Semakin sering kamu belajar, maka kamu akan semakin pintar dan wawasan semakin luas. Dengan memiliki wawasan yang luas, kamu bisa berkomunikasi dan melakukan banyak hal loh. Jadi saat kesempatan itu datang, kamu bisa segera mengambilnya karena kamu memiliki wawasan tentang hal itu.

8. Menjaga Tubuh Dan Keseimbangan Hidup


Sukses itu juga dimulai dari bagaimana kita menjaga tubuh kita. Olahraga rutin bisa menjaga tubuh tetap sehat sekaligus membantu menjaga kestabilan mental kita. Kepala Starwood Hotels & Resorts, Frits van Paasschen mulai olahraga pukul 6 pagi, lalu dia akan lari pagi sejauh 5 mil tiap harinya. Sementara presiden Amerika Serikat, Barack Obama lari pagi 3 mil atau olahraga 45 menit per harinya, enam hari dalam seminggu. 

Tuh,orang-orang besar aja masih rajin olahraga, masaka kamu tetap malas-malasan aja?
Penting juga untuk menjaga keseimbangan hidup. Artinya kamu harus tahu cara membuat prioritas hidup yang baik. Mulai dari cara mengatur keuangan hingga menjaga hubungan dengan ornag-orang lain. Jadi nggak ada ketimpangan antara karier, keluarga, dan hal-hal pribadi lainnya.

9. Menambah Jaringan Pertemanan


Kebiasaan yang satu ini seringkali dianggap tidak penting dan hanya membuang waktu saja, namun sebenarnya dengan menambah jaringan pertemanan, maka kesempatan untuk meraih sukses semakin besar. Kebanyakan orang cenderung melakukan bisnis dengan orang yang dipercaya. 

Dengan membangun relasi yang baik dengan orang lain, maka tingkat kepercayaan orang terhadap kamu akan semakin tinggi, jadi kemungkinan kamu untuk sukses semakin besar. Hal inilah yang dilakukan oleh para orang sukses. Mereka mau meluangkan waktu mereka untuk menambah dan menjaga relasi baik dengan orang lain karena mereka paham tentang betapa besarnya pengaruh teman dalam kesuksesan.

10. Lebih Banyak Membaca Daripada Nonton TV


Proses pembelajaran yang paling populer adalah dengan membaca, karena saat membaca, otak mengulang apa yang kita baca sehingga informasi akan lebih mudah diingat. Tidak heran bahwa mambaca menjadi salah satu cara untuk menambah wawasanmu. 

Sebenarnya dengan menonton TV, kamu juga bisa mempelajari sesuatu, tetapi orang cenderung mencari tontonan yang berupa hiburan dan TV sering menayangkan program yang tidak mendidik sehingga menonton TV malah membuang waktumu.

Itulah beberapa kebiasaan orang sukses yang wajib kamu tiru, semoga artikel ini dapat memotivasi anda untuk menjadi orang yang sukses. Terima kasih telah berkunjung di Blog Fakhri.

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Terima Kasih.

EmoticonEmoticon