Friday 30 December 2016

Inilah 9 Tanda Hp Kita Di Sadap

Tags


Tahun era technology ini ditandai oleh ramainya kasus peretasan dan penyadapan perangkat telekomunikasi. Mulai dari peretasaan email Partai Demokrat di Amerika Serikat hingga terbongkarnya pembobolan Yahoo hingga bocornya data milik jutaan pengguna.

Penyadapan telepon atau ponsel sebetulnya bukan hal baru di era sekarang ini. Namun mungkin sebagian di antara kita masih bertanya-tanya, bagaimana proses penyadapan berlangsung, atau adakah cara sederhana untuk mengecek apakah sebuah ponsel disadap atau tidak.


Peretasan dan penyadapan tak boleh dianggap remeh. Para penjahat di balik kegiatan kriminal seperti ini bisa memanfaatkan data yang dirampas dari perangkat teknologi kamu untuk banyak hal, dari pemerasan, penjualan data-data pribadi sensitif, hingga membobol tabungan kamu.

Ternyata ada beberapa tanda yang dapat dipahami dengan mudah, yang menunjukkan apakah sebuah ponsel dilacak, disadap, atau mungkin dipantau oleh pihak tertentu.

Penasaran? Yuk, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Ada Aplikasi yang Tidak Dikenal


Untuk menyadap smartphone, biasanya hacker atau pihak terkait harus memasang aplikasi tambahan di smartphone target. Hacker ini biasa menyembunyikan aplikasi tersebut.

Untuk mengakalinya, coba cek di menu Settings - Apps atau Application Manager, lalu cek apa ada aplikasi asing di smartphone kamu. Kalau ada aplikasi mencurigakan yang tak pernah kamu unduh dan instal, sebaiknya kamu menghapusnya segera. Bisa jadi, itu adalah malware atau aplikasi mata-mata.

2. Suara-suara mengganggu


Bila ada suara-suara tidak biasa yang terdengar biasanya mengganggu selama percakapan di ponsel Anda, bisa jadi Anda sedang dipantau.

Di masa lalu, suara-suara tersebut memang wajar dan terkait dengan jaringan analog. Tapi mengingat saat ini telepon berjalan di jaringan digital, suara-suara tersebut tidaklah wajar.

3. Kapasitas baterai menurun


Tanda lain bahwa sebuah ponsel disadap adalah berkurangnya kinerja baterai. Ketika sebuah ponsel disadap, semua aktivitas di ponsel itu direkam dan dikirimkan mereka kepada pihak ketiga. Hal tersebut meningkatkan penggunaan baterai dan akibatnya, kapasitas baterai menurun dengan cepat.

Sebuah ponsel yang disadap juga dapat terus merekam percakapan-percakapan di dalam ruangan, bahkan ketika ponsel tampak ada di kondisi idle. Dan tentu saja, hal tersebut menguras kapasitas daya baterai ponsel.

Anda dapat memastikan hal ini dengan menggunakan baterai ponsel Anda di ponsel lain dengan model dan software yang sama, lalu membandingkan hasilnya.

Apakah ponsel Anda menggunakan daya baterai lebih banyak daripada ponsel dengan model dansoftware yang sama? Bila demikian, bisa jadi ponsel Anda disadap, atau kemungkinan lainnya, baterai Anda memang rusak.


4. Suhu baterai terasa hangat


Indikator lebih lanjut bahwa sebuah ponsel disadap terlihat dari suhu baterainya. Jika ponsel terasa hangat, bahkan ketika Anda sedang tidak menggunakan ponsel Anda, bisa jadi ponsel Anda digunakan secara diam-diam untuk mengirimkan data tertentu. Namun perlu digarisbawahi, hal ini hanya tanda potensial.

5. Kuota Boros


Selain boros baterai karena ada aplikasi asing berjalan di background, smartphone yang disadap juga biasanya boros kuota. Hal ini karena aplikasi asing terus mengirimkan data ke luar tanpa kamu ketahui.

6. Smartphone Lemot


Sering merasa smartphone kamu lemot  waktu menjalankan aplikasi atau game? Kalau saat menjalankan aplikasi ringan smartphone kamu sering lemot, bisa jadi ada malware yang bekerja untuk mengirimkan data ke orang lain.

Bayangkan saat kamu chatting, ternyata di waktu bersamaan aplikasi mata-mata yang terinstal juga ikut bekerja. Jadinya berat.

7. Ponsel menunjukkan aktivitas saat tidak digunakan


Apakah ponsel Anda membuat suara-suara atau menyalakan layar saat Anda tidak menggunakannya? Bisa jadi Anda sedang disadap.

Atau apakah ponsel Anda juga kerap reboot/restart tiba-tiba? Jika demikian, mungkin juga ada pihak yang memiliki akses jarak jauh terhadap ponsel Anda.

8. Sering Muncul Iklan Pop Up


Aplikasi untuk menyadap smartphone ada juga yang tidak bisa berjalan otomatis loh. Ada yang menggunakan iklan pop up sebagai pemicu untuk mengaktifkannya. Jadi, ketika kamu klik iklan tersebut, maka aplikasi mata-mata akan aktif.

9. Proses shutdown berlangsung lebih lama


Sebelum sebuah ponsel pintar (smartphone) mati (shutdown), ponsel tersebut harus menyelesaikan terlebih dahulu tugas-tugas yang sedang diproses. Bila ponsel Anda sedang mengirimkan data ke seseorang tanpa Anda ketahui, ponsel Anda harus menyelesaikan proses tersebut sebelum shutdown.

Karena itu, jika ponsel membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk mati, terutama setelah sebuah panggilan, teks, email atau web browsing, ada kemungkinan ponsel Anda sedang mengirimkan informasi dari kegiatan-kegiatan tersebut ke pihak ketiga.

Demikianlah artikel singkat tentang tanda-tanda hp kita di sadap oleh karena itu kita harus lebih berhati-hati ketika mengklik situs atau link yang di berikan oleh orang dan juga selalu up date antivirus kita biar selalu bisa mengikuti perkembangan virus sekarang, sekian dan terima kasih telah berkunjung di Blog Fakhri.

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Terima Kasih.

EmoticonEmoticon