Tuesday 16 August 2016

Fakta Tentang Hujan Yang Anda Harus Ketahui

Tags


Yang anda ketahui sebelumnya, Indonesia tercinta ini merupakan negara tropis. Namun ada fakta yang harus anda ketahui tentang hujan tersebut. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang fakta dari hujan.

  1. Rata-rata kecepatan jatuhnya air hujan hanyalah 8-10 Km/Jam.  
  2. Ketinggian Minimum awan hujan adalah 1.200 meter. 
  3. Air jatuh ke bumi dengan kecepatan rendah karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang rendah.
  4. Awan hujanpun dapat ditemui di ketinggian 10.000 meter.
  5. Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian tersebut sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm.

  6. Butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik.
  7. Setelah hujan turun, tanah, ilalang, rerumputan akan mengeluarkan bau wangi yg khas, senyawa ini dinamakan petrichor.
  8. Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505×1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan takaran.
  9. Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi.
  10. Kalau butiran air hujan itu dibekukan akan membentuk keping kristal yg indah, tidak seperti air biasa yang di bekukan di freezer atau kulkas.

Demikianlah artikel tentang fakta hujan yang anda harus ketahui. Semoga artikel ini dapat membantu anda sekalian, dan hujan juga bisa membuat seseorang mendapatkan inspirasi. Terima kasih telah berkunjung di Blog Fakhri.

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Terima Kasih.

EmoticonEmoticon