Sunday 26 June 2016

Kelompok Hacker Paling Berbahaya Di Dunia

Tags


Hacker atau biasa disebut peretas adalah orang yang melakukan berbagai pekerjaan untuk merangkai kode perangkat lunak dan memanipulasi perangkat keras. Di dunia digital khusunya terkait black hat hacker, masih ada banyak organisasi atau grup hacker atau cracker yang memiliki reputasi sendiri. Seorang hacker tidak biasanya bekerja sendiri, melainkan membentuk sebuah grup atau kelompok yag bertujuan baik ataupun bertujuan untuk melakukan tindak kejahatan, biasanya untuk memperkaya diri mereka. Berikut adalah Kelompok Hacker Paling Berbahaya Di Dunia :

1. Lizard Squad


Beberapa waktu yang lalu, sebuah kelompok orang yang menamakan dirinya Lizard Squad telah sukses membobol sistem media sosial yang terbesar di dunia yaitu yang kita kenal dengan Facebook dan Instagram. Selain kedua media sosial tersebut, mereka juga berhasil memutuskan akses menuju MySpace, AOL Instant Messenger, Tinder dan Hipchat. Dan bahkan akun twitter Taylor Swift juga mengalami nasib yang sama oleh Lizard Squad pada beberapa hari setelah membobol Facebook dan Instagram.

Sebelum membobol Facebook dan Instagram serta website besar lainnya, Cracker (Black Hat Hacker) Lizard Squad juga pernah meretas sistem layanan PlayStation Network (PSN) dan Xbox Live tepatnya pada malam perayaan Natal tahun 2014 lalu. Serangan yang dibilang canggih ini memiliki ciri khas yang selalu menggunakan metode serangan dengan sebuah tools yang disebut DDos Attack.

2. Masters Of Deception


Masters Of Deception (MOD) adalah salah satu grup hacker yang paling berbahaya berikutnya, salah satu komunitas hacker yang berada di New York, Amerika Serikat, yang pertama kali dibentuk pada tahun 1989 sebagai bentuk persaingan terhadap kelompok hacker yang berada di Texas. Bertujuan untuk menunjukkan keahlian mereka dalam melakukan hacking. Kelompok ini yang kerap melakukan aksinya dengan nuansa rasial ini juga dikenal dengan sebagai pesaing berat kelompok Black Hat Hacker "Legion Of Doom" dari Texas.

Para anggota Master Of Deception ini sering kali melakukan tindakan penyeranan yang mereka sebut sebagai salah satu tindakan pencuria informasi komputer terbesar yang pernah diketahui. Informasi rahasia yang mereka curi (hack) itu nantinya mereka jual kepada siapapun yang mampu membayar dengan harga yang tinggi.

Mereka juga pernah tercatat berhasil membobol daftar transaksi kartu kredit milik artis Hollywood terkenal, yakni Julia Roberts, tidak hanya itu tindakan penyerangan lainnya yang pernah mereka lakukan adalah membobol sistem komputer AT & T (Perusahaan multinasion Amerika ternama dalam bidang telekomunikasi) dan mendapatkan berbagai informasi nomor kartu kredit kemudian mereka dikabarkan menjual informasi yang mereka dapatkan tersebut.

Akhirnya, masa kejayaan Master Of Deception berakhir setelah FBI dan Secret Service berhasil mengkap 5 orang hacker yang bergabung di grup tersebut dan para tersangka dinyatakan bersalah dan mendapatkan 5 tuntutan kejahatan digital.

3. Milworm


Milworm salah satu dari sekian grup hacker lainnya yang berbahaya di dunia. sekelompok hacker yang di bentuk pada tahun 1998 dan melakukan penyerangan terhadap sistem keamanan sebuah fasilitas nuklir utama milik India, yaitu BARC (Bhabha Atomic Research Center). Mereka beroperasi dari Inggris, Amerika, Rusia, dan New Zeland, yang kemudian berhasil membobol firewall dari BARC.  Dan memperoleh data rahasia dari riset terbaru sebesar 5 MB, menghapus data yang ada di dua server dan menulis pesan anti nuklir pada situs pusat mereka, yang mengagumkan adalah tindakan penyerangan tersebut memiliki anggota yang hanya berumur 15 tahun.

Tidak lama setelah aksi tersebut, Milworm kembali berhasil menyerang perusahaan hosting EasySpace. Dalam aksi ini mereka berhasil memunculkan pesan anti nuklir dalam waktu 1 jam di 300 situs web lainnya termasuk Ritz Hotel, Wibledon, Drew Barrymore, Fifa World Cup dan Keluarga kerajaan.

4. Anonymous


Anonymous adalah grup hacker terbesar di dunia pada tahun 2012 memiliki anggota lebih dari 5.732 orang. Situs digital yang pernah mereka serang adalah situs web FBI, Departemen Pertahanan, PayPal, MasterCard, Visa, dan banyak lainnya. Bahkan mereka juga pernah mengancam Pentagon, Facebook, Serta rup kartel narkoba Meksiko "Los Zetas". Mereka dikenal dengan topeng Guy Fawkes, yakni topeng seperti pada film V For Vendetta.

Kegiatan Anonymous yang lainnya adalah memprotes kebijakan ekstradisi Inggris, melacak penjahat cyber, (Seperti Internet Predator, Chris Forcan), Serta mencatat situs-situs porno yang tersembunyi di kedalam seluruh web yang ada didunia. Salah satu aksi  fenomenal yang pernah dilakukan Anonymous adalah ketika mereka membobol jaringan Sony PlayStation Network sebagai  aksi protes atas gugatan hukum terhadap Geohot.

Geohot sendiri merupakan Black Hat Hacker yang berhasil melakukan jailbreak terhadap sistem Playstation 3 dan menampilkan proses pembobolan tersebut di situs Youtube. Mungkin beberapa dari anda sekalian mungkin pernah mendengar kata Anonymous  Indonesia, tetapi pihak Anonymous mengatakan mereka sama sekali tidak terlibat dengan pihak Anonymous dari Indonesia.

Moto dari grup ini adalah "Kami adalah Anonymous. Kami adalah Pasukan. Kami tidak memaafkan. 
Kami tidak melupakan. Tunggu Kami." Time bahkan menyebut grup ini sebagai salah satu grup dalam daftar "100 orang paling berpengaruh di dunia."

Itulah sekilas dari artikel Kelompok Hacker Paling Berbahaya Di Dunia, dan kita sebagai pengguna internet atau dunia digital ini harus lebih berhati-hati dalam menyimpan sesuatu yang sangat berharga maupun privasi  didalam internet. Sebab hacker menyerang atau membobol data kita secara diam-diam tanpa kita ketahui. Sekian dan Terima Kasih.

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Terima Kasih.

EmoticonEmoticon