Wednesday 15 June 2016

Mari Mengenal Bitcoin ?

APA ITU BITCOIN ?



Bitcoin adalah sebuah mata uang electronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer - to - peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut Bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi tidak seperti mata uang pada umunya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama.

Desain dari Bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa identitas atau anonymous dan pemindahan kekayaan. Bitcoin dapat disimpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau disimpan oleh sebuah service wallet pihak ke 3 dan terlepas dari semua itu bitcoin dapat di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat bitcoin (adress bitcoin).

Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency, pertama kali di deskripsikan oleh Wei Dai pada tahun 1998 dalam milis cypherpunks. Bitcoin mengandalkan pada jumlah pemindahan diantara rekening publik menggunakan kriptografi kunci publik, semua transaksi terbuka untuk umum dan di simpan dalam sebuah database yang didistribusikan.

PENGIRIMAN DAN PENERIMAAN BITCOIN ?

Seseorang yang berpartisipasi di dalam jaringan bitcoin mempunyai wallet yang menyimpan beberapa keypair kritografi atau alamat bitcoin yang bertindak sebagai tujuan akhir mengirim atau menerima untuk semua  pembayaran. Alamat bitcoin yang terkait hanya memperbolehkan pembayaran hanya dari pengguna itu sendiri, alamat bitcoin tidak mengandung informasi apapun mengenai pemiliknya dan secara umum tidak di ketahui. Alamat bitcoin dalam format yang dapat dibaca manusia terdiri dari angka-angka acak atau huruf besar kecil yang semua panjangnya 33 karakter dalam format seperti gambar di bawah ini.



Gambar di atas yang bertuliskan 1XKp7Dsov..... itu adalah alamat atau address bitcoin anda dan alamat itu bebas dan orang lain boleh mengetahuinya.

LEGALITAS PENGGUNAAN ?

Legalitas penggunaan bitcoin berubah-ubah secara cepat diseluruh dunia, beberapa negara seperti Thailand melarang bitcoin, negara jerman memberikan status legal dan beberapa negara cina membatasi penggunaan bitcoin. Pada 6 Februari 2014, Pemerintah Indonesia menyatakan bahwa bitcoin dan virtual currency lainnya bukan merupakan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia. Masyarakat Indonesia dihimbau untuk berhati-hati terhadap bitcoin dan vitual currency lainyya. Segala resiko terkait kepemilikkan/penggunaan bitcoin di tanggung sendiri oleh pemilik/pengguna Bitcoin dan Virtual currency.


APAKAH BITCOIN ITU AMAN ?

Anda mungkin berpikir bahwa sistem bitcoin yang open source memungkinkan seorang komputer jenius dapat membobol sistem bitcoin dan menerbitkan sejumlah bitcoin untuk dirinya sendiri. Kenyataannya sistem ini telah di review oleh berbagai kalangan sebagai tanpa cacat. Setiap data transaksi yang lampau tersimpan semua di peer di seluruh jaringan, dan harus berurutan. Setiap transaksi baru akan di verifikasi oleh sejumlah peer baru di katakan valid.

Sistem Bitcoin aman, yang tidak aman adalah pengguna dan money exchanger. Sama seperti password internet bangking, hacker bisa dengan mudah mencuri sebuah uang dari anda jika komputer anda terjangkit virus.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN BITCOIN ?

Anda bisa mendapatkan bitcoin dengan gratis atau membelinya dengan cara membeli atau mining. Untuk membeli bitcoin dapat dilakukan di exchanger seperti bitcoin.co.id (indonesia), mtgox (US dan Jepang), dan btcchina.com (China).


CARA MEMULAI BERBISNIS DENGAN BITCOIN ?

Sebelum memulai berbisnis atau mencari bitcoin secara gratis, Anda harus memiliki sebuah wallet atau dompet untuk menyimpan bitcoin anda nantinya.

Silahkan klik mendaftar di sini

Sekian pembahasanya kali ini.

Semoga artikel tentang APA ITU BITCOIN ?  bisa dapat anda pahami walaupun belum 100% lengkap. Semoga bermanfaat. :)

This Is The Oldest Page

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Terima Kasih.

EmoticonEmoticon